Kamis, 20 November 2014

media grafis



PEMBAHASAN
MEDIA GRAFIS

A.    PENGERTIAN MEDIA GRAFIS
            Media grafis di defenisikan sebagai media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui suatu kombinasi pengungkapan kata-kata, dan gambar-gambar yang dimana pesan tersebut di tuangkan dalam bentuk simbol-simbol dan di tangkap oleh mata. Media grafis sangat memadai untuk menyampaikan informasi dalam bentuk rangkuman yang didapatkan, penyajian dari hubungan informasi kuantitatif, seperti pada grafik, gambaran hubungan-hubungan, misalnya pada bagan, grafik, dan diagram, dan penyajian sejenis abstraksi-abstraksi seperti kartun, diagram, dan peta. Jenis-jenis media grafis yang dapat di manfaatkan dalam pengajaran meliputi bagan, diagram, grafik, poster, kartun/karikatur, dan komik. Setiap jenisnya memiliki keunikan tertentu didalam penerapan instruksionalnya.

B.     JENIS-JENIS MEDIA GRAFIS
1.      Bagan
            Bagan adalah suatu media pengajaran yang dimana perpaduan sajian kata-kata symbol yang merupakan rangkaian proses dengan menggunakan lambang-lambang visual untuk mendapatkan informasi untuk menunjukkan perkembangan ide, objek lembaga dan lainnya. Fungsi utama dari bagan adalah menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relatif, perkembangan, proses, klasifikasi, dan organisasi.
            Ada beberapa macam jenis bagan, diantaranya:
a.       Bagan pohon
            Sesuai dengan namanya bagan pohon dikembangkan dari dasar yang terdiri atas beberapa akar menuju batang tunggal. Kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungannya.
            Bagan pohon digunakan apabila suatu materi memiliki banyak pecahan-pecahan atau sub-sub bagian. Contohnya:
b.      Bagan organisasi
            Bagan organisasi digunakan untuk memperlihatkan posisi atau kedudukan seseorang dalam organisasi. Contohnya struktur organisasi.
c.       Bagan garis waktu
            Bagan yang menunjukkan kronologi atau hubungan peristiwa dalam suatu periode atau waktu. Pesan-pesan yang disampaikan biasanya disampaikan secara kronologis. Contohnya bagan kronologi kejadian sesuatu.
d.      Bagan arus
            Bagan arus menggambarkan arus suatu proses serta dapat pula menelusuri tanggung jawab serta hubungan kerja antara berbagai bagian atau seksi. Contohnya

e.       Bagan tabel
            Urutan hubungan seperti yang terdapat pada garis waktu atau tabel-tabel waktu dapat dipertunjukkan pada bagan tabel. Suatu nilai yang unik pada bagan tabel adalah kemampuannya dalam mempertunjukkan hubungan. Contohnya

2.      Diagram
            Diagram adalah suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik terutama dengan garis-garis. Sebuah diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja saja yang diperlihatkan. Misalnya diagram untuk menentukan ruangan kelas dimana letak dinding, pintu, jendela, papan tulis, dan sebagainya.
            Kelebihan media diagram yaitu:
a)      Media ini rapi, benar jelas, dan diberi judul
b)      Ditempatkan secara strategis
c)      Penyusunannya sesuai dengan pola dan memperjelas arti
            Kekurangannya yaitu:
a)      Diagram bersifat simbolis dan abstrak sehingga sulit dimengerti
b)      Yang mampu membaca/ untuk dapat membaca diagram seseorang harus mempunyai latar belakang tentang apa yang di diagramkan.

3.      Grafik
            Grafik adalah gambar sederhana yang disusun menurut prinsip matematika dengan menggunakan data berupa angka-angka. Di dalam grafik terdapat ide, objek, dan hal-hal yang dinyatakan dengan symbol serta kegunaan secara singkat. Misalnya untuk laju pertumbuhan siswa setiap tahun disekolah tertentu dapat dibuat suatu grafik yang menggambarkan jumlah siswa baru yang diterima disekolah tersebut pada setiap tahun.
            Jenis-jenis media grafik adalah:
a.       Grafik garis (kurva)
            Grafik garis adalah grafik yang menggunakan garis-garis yang terdiri dari garis absis dan ordinat atau garis horizontal dan vertical. Contohnya
b.      Grafik batang
            Grafik batang adalah grafik yang memberikan informasi yang digambarkan oleh sejumlah batang dengan ukiran sama lebarnya, baik secara vertical maupun horizontal. Contohnya
c.       Grafik lingkaran atau piring
            Grafik lingkaran adalah lingkaran sektor-sektor yang digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian dari suatu keseluruhan. Informasi seperti sumber biaya sekolah, distribusi biaya, dan penyaluran sumber-sumber minyak bumi secara proporsional dapat digambarkan melalui grafik piring ini. Cirri-ciri umumnya adalah grafik itu selalu menunjukkan jumlah atau keseluruhan jumlah, bagian-bagiannya atau sekmennya dihitung dalam persentase atau bagian-bagian pecahan dari keseluruhan. Contohnya
d.      Grafik wilayah dan grafik gambar
            Grafik wilayah yaitu grafik dalam bentuk persegi, lingkaran, dan bentuk tidak teratur, kadang-kadang dipergunakan untuk membandingkan dua atau tiga hubungan. Pada grafik wilayah di gambarkan bagaimana distribusi berbagai sarana komunikasi yang meliputi pers, radio, televisi, kepada seluruh penduduk disetiap benua di dunia. Sedangkan bentuk-bentuk bergambar seperti orang, ternak, kapal, atau mobil dipakai kepada grafik gambar.

4.      Poster
            Poster merupakan gabungan antara gambar dan tulisan dalam satu bidang  yang memberikan informasi tentang satu atau dua ide pokok. Poster hendaknya dibuat dengan gambar dekoratif dan huruf yang jelas.
            Karakteristik poster adalah dinamis, menonjolkan kualitas, sederhana, dan menarik perhatian. Sedangkan kegunaan poster adalah untuk motivasi, pengalaman yang kreatif, dan meningkatkan daya ingat serta bahan untuk iklan.
            Kelebihan poster yaitu:
a)      Poster dapat dibuat di kertas, kain, batang kayu, zeng, dan semacamnya
b)      Pemasangannya bisa di kelas, di luar kelas, di pohon, di tepi jalan, dan di majalah
c)      Ukurannya terserah/ tergantung kebutuhan
Kekurangannya yaitu:
a)      Media tetap
b)      Sulit untuk di pindahkan
Contohnya:
5.      Kartun dan karikatur
            Kartun dan karikatur adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau kalikatur tentang orang, gagasan, atau situasi yang di desain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Kartun sebagai alat bantu yang mempunyai manfaat penting dalam pengajaran terutama dalam menjelaskan rangkaian isi bahan dalam satu urutan logis atau mengandung makna. Karikatur kadang-kadang lebih menggigit dan krisit, sedangkan kartun ide utamanya menggugah rasa lucu dan kesan utamanya adalah senyum dan ketawa.
            Kelebihan media ini yaitu:
a)      Kemampuan besar sekali untuk menarik perhatian
b)      Pesan yang besar bisa disajikan secara ringkas
c)      Kesannya akan tahan lama di ingatan
Kelemahan media ini yaitu:
a)      Kartun biasanya hanya menangkap esensi pesan
b)      Menuangkannya dalam gambar yang sederhana
c)      Mempengaruhi sikap ataupun tingkah laku
            Sedangkan kegunaan kartun adalah untuk memotivasi, sebagai ilustrasi, dan sebagai kegiatan siswa. Contohnya

6.      Komik
            Komik adalah suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada para pembaca. Komik merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, dan mudah dipahami. Contohnya





KESIMPULAN

            Media grafis adalah salah satu media visual yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber penerima (reserver) dimana pesan diturunkan melalui lambing atau symbol komunikasi visual.
            Terdapat beberapa jenis dari media grafis yaitu:
1.      Bagan
Terdapat beberapa macam bagan yaitu:
a)      Bagan pohon
b)      Bagan arus
c)      Bagan organisasi
d)     Bagan garis waktu
e)      Bagan tabel
2.      Diagram
3.      Grafik
Terdapat beberapa macam grafik yaitu:
a)      Grafik garis (kurva)
b)      Grafik batang
c)      Grafik lingkaran atau piring
d)     Grafik wilayah dan grafik gambar
4.      Poster
5.      Kartun dan karikatur
6.      Komik










DAFTAR KEPUSTAKAAN

Azhar . 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Danim Sudarbuan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sadiman Arief, dkk. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Harjanto. 2002. Perencanaan Pengajaran.Rineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar